Kamis, 22 September 2011

PC Tablet : iPad 2 vs Galaxy Tab 10.1 vs Playbook



Apple iPad 2, Samsung Galaxy Tab 10.1 dan Blackberry Playbook membuat perang tablet PC semakin sengit. Di sisi lain, kehadiran tiga buah tablet mutakhir dengan OS tercanggih di kelasnya tersebut menambah keleluasan konsumen dalam memilih. So, buat yang penasaran, kali ini saya coba mengulas Apple iPad 2 vs Galaxy Tab 10.1 vs Blackberry Playbook. Masing-masing produk adalah tablet dengan fitur, spesifikasi dan kemampuan tercanggih saat ini. Menariknya, dengan sistem operasi berbeda-beda, ketiganya menawarkan experience dan nilai tambah berlainan sesuai kebutuhan target marketnya.

Komparasi Desain

Secara garis besar, saya melihat iPad 2 (9,7 inci) dan Galaxy Tab 10.1 (10,1 inci) memiliki ukuran yang nyaris sama dan relatif memadai untuk sebuah tablet. Sementara Blackberry Playbook muncul dengan ukuran setara Galaxy Tab generasi pertama (7 inci).

Saat ditimang-timang, Galaxy Tab 10.1 terasa lebih tipis 0.2 mm ketimbang iPad 2. Lain dari itu, bobot tablet besutan Samsung tersebut lebih ringan sekitar 42 gram. Bukan hal aneh lantaran iPad terbuat dari material logam di bagian belakang sementara Galaxy Tab 10.1 terbuat dari plastik. Blackberry Playbook paling ringan bobotnya.

Komparasi Layar Dengan layarnya yang besar, Apple iPad 2 dan Samsung Galaxy Tab 10.1 sangat memuaskan dipakai menikmati film atau menjelajah internet. Gambar dan fontasi yang tertampil terasa lebih memanjakan mata.

Tapi ukuran layar Blackberry Playbook yang kecil pun sebenarnya memiliki keunggulan tersendiri. Khususnya dalam hal input data, saat mengetik melalui keypad virtualnya, setiap tombol masih bisa diakses kedua ibu jari secara lebih optimal. Saat saya bandingkan dengan dua rivalnya, area tengah keyboard virtual terasa agak sulit dijangkau ibu jari.

Bicara kualitas layar, ternyata layar Playbook terasa paling tajam. Hal tersebut bisa diperoleh berkat tingkat kedalaman layarnya yang lebih baik dari iPad 2 maupun Galaxy Tabl 10.1 yakni mencapai 169 piksel per inchi (ppi).

Tapi, Samsung Galaxy Tab 10.1 terlihat paling superior secara keseluruhan mulai dari tingkat kecerahan, kontras, dan viewing angle. Pasalnya, tablet milik vendor Korea Selatan ini sudah dibenami teknologi PLS (plane line switching) display terbaru yang lebih cerah dari panel IPS pada iPad 2.

Komparasi Sistem Operasi Samsung Galaxy Tab dijejali OS Android versi Honeycomb (v 3.0) besutan Google. Sementara iPad 2 dan Playbook menggunakan sistem operasi buatan sendiri, yakni iOS 4 dan BlackBerry Tablet OS yang dikembangkan RIM bersama QNX.

Saat saya cicipi, Apple iPad 2 memiliki tampilan antarmuka yang paling praktis dan simpel. Tak terlalu banyak perbedaan dari iPad generasi pertama sehingga masih terasa familiar.

Berbeda dengan Samsung Galaxy Tab 10.1 yang tampil dengan perbedaan signifikan pada bagian antarmukanya. Android Honeycomb memiliki tampilan dan user experience berbeda dengan OS Android yang tertanam pada Galaxy Tab generasi awal.

Di bagian homescreen misalnya, sektor ini ditampilkan dengan gaya yang lebih mutakhir dari seri terdahulu. Di sudut kiri bawah berkumpul empat buah tombol virtual masing-masing back, home, recent apps dan screen capture. Recent apps menampilkan seluruh aplikasi yang berjalan atau beberapa yang terakhir Anda buka.

Lain lagi antarmuka Blackberry Playbook yang ternyata hampir mirip dengan tampilan BlackBerry OS versi 6 dengan 4 buah tray yang terpampang bersandingan, masing-masing adalah All, Favorites, Media dan Games. Menu Option bisa diakses lewat tray All.

Jika ingin beralih antar tray, Anda bisa menekan judul tray yang diinginkan atau menyapu layar ke kanan atau kiri. Setiap tray tersebut juga dapat dibuka-tutup dengan menekan ikon tanda panah yang terletak pada sudut kanan tray atau menyapu dari frame bagian bawah ke tengah layar. Agak ribet bagi pemula.

Komparasi Browser Untuk internetan, tiga tablet ini sudah tergolong nyaman dan memuaskan. Berbagai fitur yang diperlukan pada browser masa kini sudah dibenamkan. Mulai dari multitab browsing, page pinch zooming dan download disuntikkan pada native browser ketiganya. Tapi ada satu catatan tersendiri dimana iPad 2 tidak mendukung flash player, sementara Playbook dan Galaxy Tab mendukung fitur tersebut.

Browser Playbook ternyata cukup menjanjikan. Anda dapat merasakan pengalaman berinternet layaknya menggunakan desktop PC. Anda tak bakal menemukan pengalihan ke versi mobile saat mengakses berbagai situs.

Hal yang kurang nyaman justru ditemukan pada Galaxy Tab 10.1. Pasalnya, saat Anda mengunjungi situs yang juga memiliki versi mobile menggunakan tablet ini, Anda akan diarahkan ke versi mobile karena browser tablet ini terdeteksi sebagai mobile browser. Padahal, Android versi 3.0 atau Honeycomb sudah dikembangkan untuk versi tablet dan berupaya melepas embel-embel mobile.

Untung saja user experience Galaxy Tab sangat menjanjikan. Ambil contoh, saya bisa menikmati fitur tilt zooming. Saya bisa memperbesar atau memperkecil halaman website cukup menyentuh layar dengan 2 jari (biasanya ibu jari) kemudian mengubah posisi kemiringan Galaxy Tab 10.1.

Lebih jauh iPad 2 dan Galaxy Tab 10.1 sudah dibekali dengan slot kartu SIM, sehingga Anda dapat menggunakan jalur data operator kapan saja. Fasilitas ini tidak disediakan pada Playbook.

Disamping itu Anda juga dapat menggunakan koneksi wifi sebagai alternatif. Playbook, sehingga Anda harus menghubungkan tablet ini dengan HP pintar BlackBerry melalui fitur BlackBerry Bridge untuk berinternet, selain tentunya dengan jalur wifi.

Komparasi Kamera iPad 2 hanya menampilkan interface kamera sederhana minim pengaturan. Hanya terdapat fitur zooming dan touch focus. Untung saja, pada iPad 2 sudah tersedia aplikasi Photo Booth untuk menghadirkan efek lucu pada foto yang ingin diabadikan.

Tak jauh berbeda Playbook yang juga hanya menampilkan pengaturan zoom dan geotagging pada kameranya. Sayangnya autofocus tidak disediakan Playbook. Tapi hanya Playbook yang bisa merekam video full HD (1080p) pada kedua kameranya. Sementara iPad 2 dan Galaxy Tab 10.1 hanya 720p.

Tapi soal pengaturan, Samsung Galaxy Tab 10.1 berjaya, Lihat saja sisi kiri layar dalam opsi kamera. Tampak 6 buah tombol virtual yang mewakili pengaturan berbeda. Pengaturan yang lebih kompleks bisa diakses dengan menekan tombol virtual paling bawah di sisi kiri layar. Galaxy Tab 10.1 juga menyediakan LED flash.

Kesimpulan Blackberry Playbook sepertinya belum mampu menandingi dua rivalnya. Pasalnya, untuk memaksimalkan fungsinya, Anda harus memiliki smartphone Blackberry sebagai tandem. Sementara Samsung Galaxy Tab 10.1 dan iPad 2 sudah siap sebagai tablet sebenarnya. Simplisitas yang ditawarkan iPad 2 membuat tablet ini paling nyaman dipakai. Sementara Galaxy Tab 10.1 unggul di sektor kekayaan fitur.

Spesifikasi Ipad 2

1. Model: - Wi-Fi - Wi-Fi + 3G

2. Ukuran: - Tinggi: 9,50 inch (241,2 mm) - Lebar: 7,31 inch (185,7 mm) - Ketebalan: 0,34 inch (8,8 mm) - Berat: 1,33 pounds (601 g) Wi-Fi, 1.34 pounds (607 g) 3G

3. Storage - 16GB - 32GB - 64GB

4. Konektivitas - Wi-Fi (802.11a/b/g/n) Bluetooth 2.1 + EDR technology - Wi-Fi + 3G model: UMTS/HSDPA/HSUPA (850, 900, 1900, 2100 MHz); GSM/EDGE (850, 900, 1800, 1900 MHz) - Wi-Fi + 3G for Verizon model: CDMA EV-DO Rev. A (800, 1900 MHz)

5. Layar - 9,7 inch (diagonal) LED-backlit glossy widescreen Multi-Touch display with IPS technology - 1024-by-768-pixel resolution at 132 pixels per inch (ppi) - Fingerprint-resistant oleophobic coating - Support for display of multiple languages and characters simultaneously

6. Chip - 1GHz dual-core Apple A5 custom-designed, high-performance, low-power system-on-a-chip

7. Kamera, Foto dan Video Recording - Kamera Belakang (resolusi belum disebutkan) : Video recording, HD (720p) up to 30 frames per second with audio; still camera with 5x digital zoom - Kamera Depan: Video recording, VGA up to 30 frames per second with audio; VGA-quality still camera - Photo and video geotagging over Wi-Fi

8. Baterai - Wi-Fi: + Built-in 25-watt-hour rechargeable lithium-polymer battery + Sampai 10 jam akses web di Wi-Fi, lihat video, atau mendengar musik + Charging via power adapter or USB to computer system

- 3G: + Built-in 25-watt-hour rechargeable lithium-polymer battery + Sampai 10 jam akses web di Wi-Fi, lihat video, atau mendengar musik + Sampai 9 jam akses web memakai jaringan data 3G + Charging via power adapter or USB to computer system

9. Input/Output - 30-pin dock connector port - 3.5-mm stereo headphone minijack - Built-in speaker - Microphone - Micro-SIM card tray (Wi-Fi + 3G model)

10. Sensor - Three-axis gyro - Accelerometer - Ambient light sensor

11. Location - Wi-Fi - Digital compass - Assisted GPS (3G only) - Cellular (3G only)

12. Audio Playback - Frequency response: 20Hz to 20,000Hz - Audio formats supported: HE-AAC (V1 and V2), AAC (8 to 320 Kbps), Protected AAC (from iTunes Store), MP3 (8 to 320 Kbps), MP3 VBR, Audible (formats 2, 3, and 4, Audible Enhanced Audio, AAX, and AAX+), Apple Lossless, AIFF, and WAV - User-configurable maximum volume limit - Dolby Digital 5.1 surround sound pass-through with Apple Digital AV Adapter (sold separately)

13. TV & Video - Video mirroring and video out support: Up to 1080p with Apple Digital AV Adapter or Apple VGA Adapter (cables sold separately) - Video out support at 576p and 480p with Apple Component AV Cable; 576i and 480i with Apple Composite AV Cable - Video formats supported: H.264 video up to 720p, 30 frames per second, Main Profile level 3.1 with AAC-LC audio up to 160 Kbps, 48kHz, stereo audio in .m4v, .mp4, and .mov file formats; MPEG-4 video, up to 2.5 Mbps, 640 by 480 pixels, 30 frames per second, Simple Profile with AAC-LC audio up to 160 Kbps per channel, 48kHz, stereo audio in .m4v, .mp4, and .mov file formats; Motion JPEG (M-JPEG) up to 35 Mbps, 1280 by 720 pixels, 30 frames per second, audio in ulaw, PCM stereo audio in .avi file format ( fyk / ash )

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab 10.1 Dimensi dan berat; 25,6 x 17,2 x 0,8 cm 595 gram.
  • Layar; 10,1 inci,TFT capacitive touchscreen,16M colors.
  • Resolusi; 800 x 1280 piksel.
  • OS Android; 3.0 (Honeycomb)
  • Prosesor; 1 GHz Tegra2 dual-core
  • Memori; 16/32/64 GB.
  • Konektivitas; Wi-Fi 802.11 a/b/g/nBluetooth 2.1 dengan A2DP, EDR Tidak ada.
  • TeleponGPS; Ada,A-GPS.
  • Kamerabelakang Kameradepan; 3.15 MP 2 MP.
  • Flash video; Adobe Flash 10.2
  • SNS (social network service) integration, include Facebook, Twitter, MySpace
  • Digital compass
  • TV-out
  • MP4/DivX/Xvid/H.264/H.263 player
  • MP3/WAV/eAAC+/OGG player
  • Organizer
  • Image/video editor
  • Quickoffice HD editor/viewer
  • Google Search, Maps, Gmail,YouTube, Calendar, Google Talk, Picasa integration
  • Voice memo
  • Predictive text input - SNS (social network service) integration, include Facebook, Twitter, MySpace
  • Digital compass
  • TV-out
  • MP4/DivX/Xvid/H.264/H.263 player
  • MP3/WAV/eAAC+/OGG player
  • Organizer
  • Image/video editor
  • Quickoffice HD editor/viewer
  • Google Search, Maps, Gmail,YouTube, Calendar, Google Talk, Picasa integration
  • Voice memo
  • Predictive text input
Spesifikasi Blackberry Playbook
  • Prosessor : 1 GHz Cortex-A9 dual-core processor
  • RAM : 1 GB Memory
  • Memory Flash : 16/32/64 GB Flash memory
  • Layar : 7″ LCD display 16:9 aspect ratio
  • Resolusi layar: 1024 x 600 px (WSVGA) (1080p HDMI output)
  • Chip Grafik: PowerVR SGX540
  • Kamera: Dual 1080p HD cameras (depan 3 MP, belakang 5 MP)
  • Konektifitas: Wi-Fi 802.11 a/b/g/n; Bluetooth 2.1+EDR
  • Jaringan: 3G (HSPA +), WiMax, LTE dan Wi-Fi Only
  • Operating System: Blackberry tablet operating system, powered by QNX technology. Support POSIX OS, SMP, Open GL, Blackberry OS 6, WebKit, Adobe Flash, Java, dan Adobe Mobile AIR
  • Ukuran dan berat: 5.1″ x 7.6″ x 0.4″ (425 gram)
  • Baterai: 5300mAh dengan umur baterai 10 jam pemakaian nonstop
  • Garansi: 1 Tahun
Melihat dari spesifikasi masing-masing tablet, uda ridwan lebih mengunggulkan iPad 2, tapi antara iPad2 dan Samsung Galaxy Tab 10.1 memiliki respon yang cepat dari fitur gadget ini dan nyaris sempurna dalam menjalankannya. Untuk kesempurnaan berselancar di dunia maya, kedua tablet ini bisa jadi pilihan pertama. Sebenarnya ketiga PC Tablet ini sama-sama bagus dan mempunyai keunggulan masing-masing. Bagi pecinta Blackberry yang hobi chatting, Playbook merupakan gadget idaman. Tapi sayangnya, Blackberry belum merupakan PC Tablet seutuhnya karna tak ada nya slot SIM Card dan harus menggunakan ponsel tambahan untuk internetan (selain dengan Wi-Fi) Hanya Nokia saja yang "nyaris" ketinggalan jaman......
Ada baik nya kita lihat dulu review dari tablet ini di youtube sebelum membeli, karna tidak mungkin kita minta orang di counter hp atau toko untuk mencoba semua tablet ini. Dengan demikian, kita bisa membandingkan PC Tablet mana yang akan kita beli sesuai keinginan dan kebutuhan kita. Let's cekidot aja gan.....
Berikut Review di Yotube iPad 2 Vs Blackberry Playbook
Berikut Review di Yotube iPad 2 Vs Samsung Galaxy Tab 10.1
Berikut Review di Yotube iPad 2 Vs Samsung Galaxy Tab 10.1
Bagaimana menurut Anda? iPad 2 vs Galaxy Tab 10.1 vs Playbook

Related Posts



VibrantVitalities.com

1 comments:

Vidya Rianti Siahaan on 29 Februari 2012 pukul 11.09 mengatakan...

Bentar lagi ipad3 akan keluar. Sayang sekali, saya baru saja beli ipad2 dibulan 1 kemarin.

Posting Komentar

Advertise

Get Chitika Premium wirausaha online

Sponsor

TDW University


Masukkan Code ini K1-2664B5-A
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com Get cash from your website. Sign up as affiliate

Stats and Visitor

free counters

blog-indonesia.com/
 

Blog Uda Ridwan. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com