Jumat, 16 Juli 2010

MASERATI 250F 1954 Mobil Balap Terhebat Sepanjang Masa




MASERATI 250F Mobil balap klasik yang produksinya tahun 1954 ini mendapat gelar mobil balap terhebat sepanjang masa dari majalah dan situs otomotif klasik populer di Inggris, Octane. Voting dilakukan terhadap tak kurang dari 33.000 pembaca majalah dan situs Octane. Dari voting terlihat bahwa Maserati dengan 250F-nya berhasil mengalahkan beberapa mobil terkenal lainnya.

Maserarti 250F berhasil meraih hati para pembaca sehingga mengalahkan 8 mobil lainnya antara lain Auto Union Type C, Lotus 49, Porsche 917, Cobra, dan Mercedes Benz W196. Toyota TS010 Group C yang menjadi mobil juara F1 tahun 1950 pun harus berlapang dada mengakui popularitas Maserati F250.
1959 Lotus Climax 16.varian MASERATI 250F

1959 Lotus Climax 16.varian MASERATI 250F
Sebagian besar mobil-mobil yang diikutsertakan dalam voting ini karena dinominasikan oleh pembalap-pembalap terkenal, seperti Brian Redmon, Damon Hill, dan Derek Bell.

Maserati 250F sendiri adalah hasil nominasi yang dilakukan pembalap Sir Stirling Moss dalam voting tersebut. Moss mengatakan bahwa dirinya sangat memiliki pengalaman yang berkesan dengan mobil pilihannya tersebut.


Maserati 250f - Brakes


“Saya memiliki cinta yang besar terhadap Maserati 250F karena mobil itu adalah mobil yang memberikan saya prestasi di ajang Formula One Grandprix,” papar Moss yang tercatat sebagai pembalap yang telah memenangkan 16 kali Formula One Grand Prix.

“Saya sangat tidak menyukai posisi duduk pembalap yang sangat tegak lurus dan central throttle-nya dari mobil-mobil balap masa kini. Dan Maserati-lah yang tidak melakukan semaunya itu,” tambah Moss yang menyebut Maserati sebagai partner “dansa”-nya



Maserati 250F adalah mobil yang diproduksi tahun 1954. Mesinnya menggunakan Maserati A6 SSG berkapasitas 2.500cc 6 valve dengan empat percepatan. Belakangan di seri yang lebih baru, Maserati memberikan mesin 16 valve untuk 250F dengan 5 percepatan. Maserati 250F yang digunakan dalam ajang F1 menggunakan bahan bakar campuran yang terdiri dari 50% methanol, 35% bensin, 10% acetone, 4% benzol, dan 1% oli.
Suspensi depannya mengadopsi wishbone independent, dan De Dion tube untuk suspensi belakangnya. Untuk chassisnya menggunakan aluminium tubular ladder frame, sedangkan ban yang digunakannya adalah Pirelli.

Maserati 250F adalah hasil rancangan Gioacchino Colombo, Vittorio Bellentani and Alberto Massimino yang belakangan direkrut Maserati.

Sumber : Media otomotif


"Best Choise"



Related Posts



VibrantVitalities.com

0 comments:

Posting Komentar

Advertise

Get Chitika Premium wirausaha online

Sponsor

TDW University


Masukkan Code ini K1-2664B5-A
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com Get cash from your website. Sign up as affiliate

Stats and Visitor

free counters

blog-indonesia.com/
 

Blog Uda Ridwan. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com